Rabu, 14 Maret 2012

Tulisan motivasi untuk masuk STTN- BATAN



            Saya ingin menjadi seorang engineer yang profesional dan bermanfaat bagi banyak orang di bidang nuklir. Kenapa saya memilih ilmu nuklir adalah karena manfaatnya yang banyak dan tantangan yang saya rasa bisa untuk saya lakukan. Saya tertarik dengan ilmu nuklir sejak saya masih bersekolah dibangku sekolah dasar. Dulunya waktu saya SD saya banyak mendengar tentak ilmu nuklir yang membahayakan dan saya banyak mendengar dari orang-orang tentang sisi negative nuklir. Lalu setelah lama tidak memikirkan tentang ilmu nuklir lagi, saya kembali mempelajari ilmu nuklir ketika kelas XI SMA ketika hendak membuat karya ilmiah. Dari situ saya mengetahui banyak tentang nuklir dan banyak kegunaanya. Sampai saat ini saya masih banyak membaca tentang artikel-artikel yang berisi tentang iptek nuklir. Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk bisa melanjutkan kuliah di jurusan teknik nuklir.
            Hal diatas adalah satu dari beberapa hal yang menjadikan saya ingin melanjutkan sekolah di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. Karena yang saya tau dari tujuan serta visi dan misi STTN adalah bila STTN adalah sekolah yang bisa menjadikan saya memenuhi keinginan saya untuk menjadi SDM iptek nuklir yang profesional. Selain itu masih yang menjadikan saya lebih tertarik dengan STTN adalah karena STTN adalah sekolah yang disiplin dan bisa menghasilkan SDM iptek nuklir yang profesional. Dan masih ada banyak hal yang menjadikan saya untuk bisa bersekolah di STTN.
            Saya sudah banyak mengerti tentang perkembangan iptek nuklir di indonesia, saya tau bila indonesia adalah salah satu negara yang maju dalam iptek nuklir walaupun masih belum memiliki PLTN. Oleh karena itu pula saya ingin menjadikan indonesia lebih maju dalam bidang iptek nuklir. Untuk itu saya memilih untuk menjadikan teknik nuklir sebagai jurusan yang akan saya pilih pada perkuliahan nanti. Untuk itu saya ingin bisa bersekolah di STTN agar bisa mewujudkan keinginan saya.
            Banyak orang yang beranggapan negative tentang iptek nuklir, sama seperti saya dulu ketika masih belum mengerti tentang apa itu iptek nuklir. Tetapi setelah mengetahui bila iptek nuklir banyak bermanfaat saya manjadi termotivasi untuk mengubah persepsi masyarakat indonesia yang kebanyakan masih menganggap bila nuklir itu berbahaya. Padahal sebenarnya semua energi yang digunakan pasti memiliki keuntungan dan kerugian termasuk energi nuklir. Saya memikirkan bisa semua energi itu sama karena memilik keuntungan dan kerugian yang dapat dicegah. Sama dengan energi nuklir karena energi nuklir memiliki kerugian yang dapat dicegah bila dipergunakan dengan baik. Begitu juga dengan energi yang lain. Untuk itu saya ingin masuk STTN agar bisa mendapat ilmu ketenaganukliran agar lebih mengerti tentang iptek nuklir dan bisa mengubah persepsi masyarakat indonesia terhadap iptek nuklir.
            Iptek nuklir adalah salah satu dari banyak jenis ilmu yang diciptakan oleh oleh Allah SWT, sama seperti manusia Yang diciptakan oleh Allah SWT. Bukankah apapun yang diciptakan oleh Allah SWT di alam semesta ini pasti berguna dan untuk dipergunakan oleh manusia. Begitu juga dengan iptek nuklir, nuklir tidaklah sesuatu yeng membahayakan asalkan bisa digunakan dengan baik. Allah tidak akan menciptakan sesuatu melainkan untuk digunakan oleh manusia. Sedangkan di indonesia masih banyak orang yang belum mengerti tentang bagaimana memahami salah satu ciptaan Allah SWT tersebut. Karena itu pula saya ingin menjadikan penduduk indonesia bisa mengerti dan memahami setiap apa yang diciptakan oleh Allah SWT terutama dalam iptek nuklir.
            Kerena keinginan saya yang besar untuk menjadikan indonesia lebih maju dalam iptek nuklir dan mengubah persepsi masyarakat indonesia yang kebanyakan masih berpikir sempit tentang iptek nuklir. Beberapa sebab itu juga lah yang menjadikan saya ingin lebih mempelajari tentang iptek nuklir untuk memajukan iptek nuklir indonesia. Dan dengan bisa bersekolah di STTN mungkin saya bisa mewujudkan keinginan saya tersebut. Karena saya tau bila STTN adalah perguruan tinggi kedinasan ternama di bidang iptek nuklir, Yang sudah memiliki nama baik dimasyarakat.
            Indonesia adalah negara yang maju karena banyak sumber daya manusia yang dapat diandalkan, iptek indonesia sudah maju sejak dulu. tetapi kemajuan iptek di indonesia masih belum membuat indonesia bisa bersaing dengan negara yang beriptek lebih tinggi. Begitu juga dalam iptek nuklir, banyak teknisi nuklir indonesia yang sudah digunakan untuk membangun negeri ini, tetapi itu belum menjadikan indonesia menjadi negara yang maju. Iptek nuklir indonesia sudah diakui oleh negara lain dan dianggap bisa menggunakan nuklir sebagai sumber energi. Tetapi banyak penghalang yang menjadikan indonesia belum bisa memanfaatkan iptek nuklir secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan indonesia belum mendapat izin dari yang mahamembuat, karena hanya dari izinya lah semua dapat terlaksana. banyak yang sudah indonesia lakukan untuk memanfaatkan iptek nuklir dalam segala bidang, tetapi masyarakat indonesia masih belum mengerti tentang hal tersebut. Karena hal itu semua adalah ketetapan yang sudah ditetapkan agar kita bisa lebih berpikir. Untuk itulah saya ingin menjadikan masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang bisa berpikir dengan baik untuk saling mensejahterakan indonesia.
            Jadi kita semua mengetahui bila untuk menjadikan negara indonesia yang lebih maju terlebih dalam iptek nuklir bukan hanya SDM yang memiliki iptek tinggi saja. Tetapi lebih dari indonesia harus memiliki SDM yang memiliki iptek dan juga imtaq yang tinggi. Memang indonesia sudah banyak memiliki SDM yang bisa diandalkan dalam segala bidang, tetapi indonesia masih belum lebih maju. Menurut saya hal itu dikarenakan SDM indonesia yang belum meliki landasan imtaq yang kuat. Kita tau bila orang-orang yang duduk di kursi pemerintahan adalah orang-orang pintar, tetapi sebagian dari mereka belum memiliki landasan imtaq yang kuat sehingga belum menjadikan indonesia menjadi lebih sejahtera. Jadi untuk menjadikan negara indonesia yang lebih sejahtera dibutuhkan SDM yang memiliki landasan iptek dan juga landasan imtaq yang kuat. Hal tersebut seperti yang dikemukakan mantan presiden indonesia Prof. Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie yang meprakarsai berdirinya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Hal tersebut yang menjadikan saya ingin masuk STTN karena saya ingin menjadikan SDM indonesia yang memiliki iptek dan imtaq yang tinggi, terlebih dalam iptek nuklir untuk menjadikan indonesia lebih sejahtera. Karena saya mengetahui bila STTN adalah sekolah yang juga mengedepankan nilai-nilai moral.
            Pada intinya yang menyebabkan saya ingin melanjutkan sekolah di STTN adalah karena saya ingin mendalami ilmu ketenaganukliran. Karena ilmu nuklir adalah salah satu cipta Allah SWT yang harus dipergunakan dengan baik. Saya mempelajari ilmu nuklir untuk mewujudkan keinginan saya untuk menjadi teknisi nuklir profesional yang memiliki landasan iptek dan imtaq tinggi dan bisa berguna bagi banyak orang terutama untuk kesejahteraan dan kemajuan Indonesia.

1 komentar: